CODE:BREAKER C.O.O.L!!!

CODE:BREAKER C.O.O.L!!!

Satu lagi ni karya dari Kamijyo Akimine Sensei!

Merasa nggak asing dengan namanya?

Yupp, bener banget, beliau adalah mangaka yang sama dengan yang membuat manga SAMURAI DEEPER KYO (SDK) yang beberapa tahun lalu telah tamat.  Buat cowok-cowok atau pun cewek-cewek penggemar Shounen Manga pasti nggak mungkin nggak tahu SDK!! Iya kan, iya kan??? <maksa>

Hehe

Code-breaker adalah manga baru Kamijyo sensei yang start sejak tahun 2008. Bulannya lupa. Manga ini baru nyampe jiid 8 di Jepun sana—kalau nggak salah—dan sedihnya, belum terbit di Indonesia. Tapi kalau mau ngobrak-ngabrik, mungkin kamu bisa ketemu versi bajakannya di rental komik favoritmu atau bisa baca yang versi bahasa Inggrisnya di www.onemanga.com

Manga ini bergenre apa ya…hmmm, sepertinya supranatural dan action. Ceritanya masih seputar pembunuh berdarah dingin, namun kali ini settingnya bukan lagi jaman antah berantah dan lokasi entah dimana, tapi di dunia nyata dan jaman sekarang.

Cerita bermula dari seorang  cewek manis bernama Sakura Sakurakouji yang sedang di dalam perjalanan pulang menggunakan bus, secara tidak sengaja melihat pemandangan aneh dari jendela bus yang dinaikinya, orang-orang yang terbakar hidup-hidup dengan api biru yang aneh sementara ada seorang cowok yang sebaya dengannya berdiri di depan orang-orang itu dan tak terluka sama sekali.

Esoknya, karena penasaran, ia pun mengunjungi TKP, dan tak menemukan sedikitpun bukti ataupun  mayat korban pembunuhan semalam. Bahkan polisi yang ditemuinya di TKP mengatakan hanya terjadi kebakaran kecil dan tidak merenggut nyawa siapapun. Meskipun bersikeras bahwa tadi malam ia melihat pembunuhan terjadi di sana, polisi yang ditemuinya tidak percaya karena tidak ada bekasnya sama sekali. Kesal, ia melanjutkan perjalanannya ke sekolah dan alangkah terkejutnya dia, cowok yang semalam ia lihat berada di TKP tersebut masuk  ke kelasnya sebagai  siswa pindahan yang bernama Rei Oogami.

Penasaran dengan yang terjadi semalam, Sakura pun langsung mengajak Oogami bicara empat mata di atap sekolah. Sakura yang meskipun penampilannya sangat manis dan terlihat rapuh sebenarnya adalah cewek yang sangat kuat dan menguasai sejumlah ilmu beladiri. Penampilannya memang sangat menipu dan membuatnya menjadi primadona sekolah,padahal dia sama sekali tidak menunjukkan ketertarikan pada laki-laki. Makanya ketika Sakura menunjukkan ketertarikan khusus pada Oogami, satu sekolah salah paham mengira Sakura telah jatuh cinta mati pada Rei.

Sakura menanyai Oogami tentang peristiwa semalam, dan dengan wajah polos Oogami yang terlihat lembut menjawab bahwa ia tidak tahu apa-apa. Melihat perawakan Oogami yang lembut dan sopan, Sakura pun percaya.

Satu sekolahan yang menonton adegan mereka yang bicara di atap sekolah mengira Sakura menyatakan cintanya tapi ditolak oleh Oogami karena pernyataan Sakura ‘tidak seperti yang diharapkan, tapi aku tidak akan menyerah’.

Setelah, adegan ‘pernyataan cinta’ Sakura, cerita berkembang ke Sakura yang tidak sengaja terlibat dengan perkelahian di taman yang dekat dengan TKP sebelumnya. Ketika Sakura hampir diperkosa, ia ditolong oleh anjing liar yang selalu ia beri makan sebelumnya. Namun itu hanya membuat anjing yang di beri nama ‘inu’—yang artinya juga anjing,;p—oleh Sakura itu menjadi sasaran para preman tersebut. Ketika situasi semakin genting, Oogami muncul. Menatap anjing yang sekarat itu, Oogami bergumam tentang betapa menyedihkan nasibnya–ia sama sekali tidak mengkhawatirkan Sakura—dan tiba-tiba membunuhnya.

Sakura yang masih terkejut dengan tindakan Oogami yang malah membunuh si Inu kembali terkejut karena menyaksikan api biru yang telah dilihatnya malam sebelumnya membakar preman-preman itu satu persatu dan bahwa api biru itu berasal dari tangan kiri Oogami yang sebelumnya selalu ditutupi sarung tangan hitam.

Sakura terbangun sendirian di taman tersebut keesokan harinya. Masih sedikit bingung, Sakura tetap datang ke sekolah. Ia  pun mengajak Oogami pulang bareng—yang lagi-lagi membuat semuanya salah paham—untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Oogami ternyata adalah pembunuh berdarah dingin yang disebut Code:Breaker. Mereka adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kekuatan supranatural dan dibayar untuk melakukan pekerjaan sebagai ‘orang yang tidak ada’. Mereka tidak memiliki identitas dan tidak boleh berhubungan dengan orang lain. Keberadaan mereka tidak tersentuh oleh hukum dan mereka ada untuk membunuh orang-orang yang tidak tersentuh hukum atau untuk melindungi orang-orang yang tidak bisa dilindungi oleh hukum. Mereka seperti pahlawan yang keberadaannya tidak diketahui masyarakat. Prinsip mereka: mata dibalas mata, gigi dibalas gigi,kejahatan dibalas dengan kejahatan. Oogami pun membunuh tanpa merasakan sedikitpun rasa iba, karena menurutnya nyawa para sampah masyarakat sama seperti serangga yang tidak artinya.

Sakura yang mengetahui hal itu  dan berprinsip bahwa setiap nyawa itu berharga dan benci pembunuhan menetapkan misinya. Ia bersikeras untuk ada di samping Oogami untuk menghentikannya membunuh lebih banyak nyawa—walaupun nanti  lebih banyak gagalnya. Oogami sebenarnya telah  berusaha membakar Sakura dengan api birunya malam itu, tapi ternyata Sakura termasuk ‘jenis langka’ yang tidak mempan terhadap kekuatan para Code:Breaker.  Dan dimulailah petualangan Sakura—yang bahkan tidak menyadari kekuatannya—di dunia para Code:Breaker dan misi-misi mereka.

Seiring cerita berlanjut , akan muncul para Code: Breaker yang lain dengan segala keanehan dan latar belakang yang berbeda-beda. Perlahan-lahan, juga akan terungkap bahwa setiap orang yang bergabung menjadi Code:Breaker mempunyai tujuan masing-masing yang ingin dicapai dan memiliki masa lalu yang dipendam.

Jika kalian sudah pernah membaca SDK, pasti kalian akan merasakan bahwa karakter-karakter di dalam Code:Breaker  sedikit banyak mirip-mirip dengan karakter-karakter dalam SDK.  Seperti Sakura yang penampilannya mirip dengan Sakuya dan Rei yang matanya memancarkan kemarahan yang sama seperti yang dimiliki Kyo. Serta style dan sifat aneh para Code:Breaker yang lain yang juga sedikit terasa mirip dengan karakter-karakter SDK.

Meskipun gambar Kamijyo lebih baik daripada sebelumnya, tapi aku merasa dari segi alur cerita, SDK lebih baik. Pada awal-awal alur ceritanya agak berantakan meskipun di tengah-tengah kembali ke jalurnya. Tapi, secara keseluruhan, bisa kubilang manga ini,’Kamijyo banget!’

Yang paling membuatku senyum-senyum adalah gaya Kamijyo-sensei yang selalu menyembunyikan identitas musuh akhir sang tokoh utama. Jika pada SDK awal-awal selalu disebut-sebut ‘orang itu’ berkali-kali, di manga ini selalu disebut-sebut ‘orang yang dicari’ sebagai tujuan akhir Oogami.

Kalau kamu adalah penggemar Shounen Manga <khususnya fans kamijyo-sensei>, you’ll enjoy this one! Ha, buat cewek-cewek, buat yang mentalnya lemah dan nggak suka adegan-adegan sadis, manga ini sangat tidak disarankan karena unsur violence dan nudity nya cukup tinggi.

Okay…?!

Wah, aku bukannya bikin resensi malah spoiler niy..

Hehe…

Enjoy…

Sabtu, 19 Desember 2009

11:52:59

3 thoughts on “CODE:BREAKER C.O.O.L!!!

  1. Sis sis ak juga suka bgt sama ni manga. Sayangnya cepet bgt tamatnya hehe, btw ada nggak ya manga kayak gini yg ceweknya kayak sakurakouji yg polos tapi keren? Hehhee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s