Kelabilan Akhir Tahun

Kelabilan Akhir Tahun

Keheningan dan perenungan yang sudah lama tak kulakukan. Barisan kata-kata yang tak lagi kuukirkan. Selama bulan-bulan ini bahkan aku sama sekali tak menyimpan memori apapun ke dalam barisan kata-kata. Menulis semakin jauh dari kehidupanku. Kesenangan dan ketenangan yang dulu kudapatkan dari menulis semakin lama semakin kulupakan.

Aku tak tahu akan berakhir di persimpangan mana. Aku benar-benar tidak bisa menemukan tujuan hidupku. Apa yang harus kulakukan? Apa yang kuinginkan? Dan apa yang telah kulakukan selama ini? Masa depanku buram dan berkabut. Aku benar-benar tidak tahu apa yang harus kulakukan dengan hidupku. Aku benar-benar kosong, tanpa hasrat dan tujuan apapun.

Hey teman, apa yang harus kulakukan untuk menemukan mimpiku? Nyaris 20 tahun hidupku, apa yang telah kudapatkan? Mengapa tak kunjung kutemukan serpihan mimpi itu? Apa alasanku berada di sini? Seseorang tolong beritahu aku, apa yang bisa kulakukan di bumi ini? Jalan itu masih tak kutemukan ujungnya, sejauh apa lagi aku harus menyeret kakiku menelusuri jalan-jalan ini? Jalan-jalan yang tak kunjung membimbingku ke tempatku?

Bisakah seseorang memberiku petunjuk, kemana aku harus mengalihkan pandanganku? Apa tempat yang kuinginkan itu benar-benar ada, atau hanya sekedar harapan dan khayalanku belaka? Apa tempat itu benar-benar akan kutemukan jika aku terus berjalan dan menegakkan kepala? Waktu tak akan berhenti untuk menungguku,  lantas apa yang harus kulakukan dengan hidupku? Seseorang tolong beritahu aku…

2 thoughts on “Kelabilan Akhir Tahun

Leave a Reply

