Tips Menghindari Virus (Bag. I)

Tips Menghindari Virus (Bag. I)

Kalau kamu adalah seorang pengguna sistem operasi Windows, tentunya sudah tahu dan sangat sadar akan banyaknya program-program berbahaya yang mengincar PC-mu. Bentuk dan cara kerjanya yang beragam memang sering membuat kita gerah. Dengan berbagai nama alias, program-program tersebut menghancurkan sistem, mencuri data, atau kadang hanya mengotori desktop.

Ada banyak varian dari program-program berbahaya tersebut. Cara pencegahan yang diperlukan juga berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini, aku akan mencoba berbagi sedikit tips keamanan khusus untuk mencegah infeksi virus pada komputer berbasis Windows. Untuk program-program yang lain seperti trojan , spyware dkk, mungkin akan kutuliskan kapan-kapan. Hehe

Tips-tips ini sendiri sudah kupraktekkan sejak pertama kali aku memiliki laptop, yaitu kira-kira sejak 3 semester lalu. Hasilnya, alhamdulilah, ACER 4736G milikku belom pernah terinfeksi virus sampai tulisan ini kubuat. Sebagai catatan, awalnya aku menggunakan Vista bawaan ACER dan kemudian menggantinya ke Windows 7 profesional hingga saat ini.

Berikut beberapa tips sederhana yang kuharap bakal sedikit membantumu mengurangi resiko infeksi virus:

1. Aktifkan dan update terus Antivirus dan firewall komputermu

Menurut survey yang pernah dilakukan oleh Avira, banyak pengguna komputer yang malas mengaktifkan antivirus mereka dengan alasan antivirus akan memperlambat kinerja komputer. Hal ini terdengar sepele, dan mungkin kamu sendiri sering melakukannya. Padahal ini sangat berbahaya apalagi kalau komputermu sering terhubung ke internet. Resiko infeksi akan semakin tinggi.

Jadi sebaiknya selalu aktifkan antivirusmu dan update secara rutin. Pilih juga antivirus yang mempunyai fasilitas webshield yang akan melindungi komputermu ketika kamu surfing di internet. Ada banyak pilihan antivirus tangguh yang bisa kamu pilih, tidak harus yang bayar, beberapa yang gratis sekarang juga sudah mumpuni. Ah, jangan lupa juga aktifkan firewall, jika kamu kurang percaya dengan firewall bawaan windows, kamu bisa mendownload firewall buatan vendor lain.

2. Show hidden and system files

File-file perusak biasanya menempatkan diri mereka dalam folder yang propertiesnya hidden atau hidden system file ditambah mereka sendiri juga hidden. Default dari Windows, file-file dan folder-folder ini biasanya disembunyikan, yang mungkin dimaksudkan untuk menghindari pengguna awam mengubah atau menghapus file sistem itu secara tidak sengaja. Hal inilah yang sering dimanfaatkan oleh para virus jahanam itu agar kita tidak menemukannya.

File-file hidden tersebut dapat kita munculkan dengan mengatur beberapa opsi di folder options. Buat yang ga tau letak folder option:

a.       Buka windows explorer

b.      Pilih menu tools/folder options

c.       Di folder options klik tab view, lalu pilih opsi show hidden files, folders, and drives, kemudian hilangkan tanda centang pada opsi Hide extensions for known file types dan opsi Hide protected operating system files.

Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Tab View pada Folder Option

Eits, Cuma segitu?

Tenang kawan, tunggu lanjutannya di post selanjutnya ya! Hehe ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s