Tips Menghindari Virus (Bag.II-End)

Tips Menghindari Virus (Bag.II-End)

Tips kemaren masih ada lanjutannya nih…

4. Menghindari klik dobel untuk membuka sebuah removeable drive

Tidak bisa dipungkiri, penyebaran virus di sekitar kita selain lewat internet, juga sering terjadi melalui proses transfer data dari removeable drive (flash drive atau harddisk eksternal). Hal itu karena kebanyakan virus lokal merupakan tipe virus autorun dimana dia akan otomatis running kalau  drive tempatnya berada dibuka dengan cara klik dobel. Untuk menghindari hal tersebut, biasakanlah membuka dan mengakses folder-folder dalam removeable drives melalui explorer bar (yang ada di sebelah kiri).

Jika setelah dibuka melalui explorer bar kemudian ditemukan file-file dan folder-folder aneh yang hidden (kalo kamu tidak melaksanakan langkah 2, kamu tidak akan menemukannya) yang kamu tidak ingat pernah menyalinnya, langsung saja hapus. Definisi aneh disini, contoh: namanya mencurigakan dan ekstensi filenya *.exe atau *.com.

Ah, juga, kalau memang removeable drive tersebut terinfeksi virus, biasanya akan ditemukan sebuah file bernama autorun.inf yang berfungsi memanggil file induk ketika klik dobel dilakukan. Hapus saja file ini jika ditemukan.

5. Scan komputermu dengan rutin

Ini juga merupakan salah satu langkah preventif jikalau secara tidak sengaja kamu mendownload file virus atau ada file-file virus yang tersembunyi di komputermu. Setiap antivirus biasanya memiliki fasilitas penjadwalan. Jadwalkan scanning minimal sekali seminggu.

6. Jangan meminjamkan komputermu sembarangan

Bukannya pelit, tapi menurut pengalaman beberapa teman, tangan yang salah bisa membuat komputer kesayanganmu menderita. Sebaiknya, pinjamkan komputermu pada orang-orang yang mengerti dan bisa kau percaya.

Untuk menghindari perubahan yang tidak diinginkan pada sistem komputermu, kamu bisa pake sofware deepfrost untuk membekukan harddisk, atau mengaktifkan akun tamu pada Windowsmu dan memperbolehkan orang lain mengakses komputermu hanya melalui akun tersebut. Akun tamu (quest) tersebut memiliki akses terbatas pada sistem, sehingga kamu akan mengurangi resiko terjadinya perubahan sistem yang tidak diinginkan.

Tips-tips tersebut mungkin hanya beberapa tips sederhana dan terlihat sepele, tapi akan sangat berguna sebagai pencegahan awal dari serangan virus. Teknologi yang semakin berkembang mungkin membawa berbagai kemudahan bagi kita, tapi di luar sana juga banyak orang lain yang juga terus mengembangkan keahliannya untuk hal-hal negatif. Karena itu, seperti kata bang napi ,”Waspadalah! Waspadalah!”

p.s: sebenarnya ada solusi gampang lainnya untuk menghindari serangan virus: GANTI SAJA WINDOWSNYA KE SISTEM OPERASI TERBUKA contoh: LINUX! Hehe..:p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s