Fisioterapi Telinga

Fisioterapi Telinga

Pernah dengar kata fisioterapi belum? Sebelumnya pasti pernah dengar, tapi ga ngeh itu apaan. Aku juga udah lama dengar tapi baru ngeh artinya kemaren.

FISIOTERAPI adalah bentuk pelayanan Kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan ( fisik, elektroterapeutis dan mekanis ), pelatihan fungsi, komunikasi.

Pengertian itu kudapatkan dari potongan postingan di http://fisiosby.com/profil/pengertian-fisioterapi/

Kenapa tiba-tiba aku bahas fisioterapi? Karena kemarin aku juga tiba-tiba harus menjalani sesi terapinya. Ada banyak hal yang diampu oleh bagian fisioterapi ini. Pasien yang datang untuk terapi juga memiliki berbagai macam keluhan, jadi bukan hanya keluhan fungsi gerak tubuh saja. Contohnya aku, yang mengalami gangguan pada gendang telinga dan mbak-mbak yang kutemui di ruang tunggu RS yang menderita sinus. Fisioterapi membantu penyembuhan rawat jalan disamping obat-obatan yang dikonsumsi.

Untuk kasusku kemaren, aku didiagnosis menderita OMA (Otitis Media Akut) pada telinga kananku. Setelah lebih dari 3 minggu bolak-balik RS, sakit pada telingaku memang hilang. Tapi, karena dengingnya tak hilang juga, selain obat akhirnya aku juga disuruh terapi enam kali ke bagian fisioterapi.

Aku sih, tak terlalu mengerti apa fungsi dari terapi yang kulakukan. Tak ada yang sudi menjelaskan, dokter maupun perawatnya cuma bilang “telinganya dipanaskan ya”. Yaah, maklum lah, rumah sakit pemerintah, mereka ‘banyak urusan‘, jadi tak sempat menjelaskan secara rinci. Dan, memang selama kurang lebih setengah jam di terapi (setelah menunggu dokternya yang tak datang-datang kurang lebih 3jam ), telinga kananku memang hanya “dipanaskan” (menggunakan suatu alat mirip lampu yang memancarkan panas), setelah itu disuruh pulang.

Sejujurnya, aku tak tahu ada efek baiknya atau tidak, tapi yang kurasakan sih malah dengingnya terasa makin kuat. -_-

Entah itu karena baru pertama kali atau bagaimana. Hari ini, aku harus balik lagi ke RS, untuk sesi selanjutnya. Sungguh melelahkan fiuh. Semoga saja aku tidak harus menunggu 3 jam lagi seperti kemarin.

4 thoughts on “Fisioterapi Telinga

  1. Aku baru disuruh dokter fisioterapi kasusnya sama seperti kakak 6 kali fisioterapi 1 kalinya 15 menit kata dokter nya .. Aku belom tau pasti apa kegunaannya mungkin nanti aku bisa tanyakan langsung pada dokternya …

    1. Halo… gimana fisioterapinya? Apakah berjln lancar.. saya jg di minta fisioterapi… saya merasa sangat penuh di telinga kanan.. kalo kamu gmn? Penyebabnya ada di infokan gk?

Leave a Reply

