[JOB SEEKER] PPS IT BRI 2012

[JOB SEEKER] PPS IT BRI 2012

Right, it’s been like forever since I wrote something useful. Haha

Yeah, kali ini aku akan bercerita sedikit mengenai kegagalanku. Kegagalan yang mungkin bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Eaa, sok bijaksana.ūüėÄ

Cerita ini sebenernya udah bisa dibilang nyaris basi, secara ini sudah berlalu lebih dari seminggu lalu. Tapi tak apalah kita ceritakan ulang saja.

Jadi begini ceritanya sodara-sodara, bulan lalu, IPB mengadakan jobfair tahunannya dan BRI ikut berpartisipasi di dalamnya. Setelah melewati panjangnya antrian yang WOW, aku iseng mendaftarkan namaku di booth BRI untuk mengikuti proses seleksi Program Pengembangan Staf (PPS) IT-nya. Berhubung aku punya IPK yang lumayan (agak nyombong dikit :p ), dipanggillah diriku ini untuk mengikuti tahap selanjutnya setelah seleksi berkas, yaitu wawancara awal.

Berhubung ini wawancara kerja pertamaku di perusahaan besar, aku (dengan sangat tidak biasanya) mencari-carilah cerita-cerita netizen tentang PPS BRI. Kebanyakan menyatakan bahwa programnya sangat bagus dan memberikan jaminan kehidupan yang oke. Semakin tertariklah aku (Dasar matre :P) hehe. Menurut para netizen juga, proses seleksinya sangat ketat dan bohong jika tidak perlu dunia perbankan meski ngelamarnya buat IT. Berbekal dari petuah-petuah veteran seleksi PPS BRI, aku pun berusaha menghapal profil BRI dan beberapa istilah perbankan.

Tibalah hari wawancara. Dengan mengenakan blazer hitam (hasil pinjaman ^_^), aku berangkat jam6 pagi lewat dikit dari kosan. Kepagian emang, saking takutnya aku kejebak macet menuju tempat wawancara. Walaupun memang kejebak macet, aku berhasil tiba setengah jam sebelum waktu wawancara, yaitu jam setengah delapan. Beberapa orang dengan setelan yang kinclong dan rapi jali terlihat berkumpul di depan ruangan wawancara. Namun, sodara-sodara, satu ekor pegawai BRI pun belum keliatan. Oke , gapapa, toh belum jam delapan, pikirku saat itu.

Waktu pun terus berputar, pukul 8 yang dijanjikan sudah jauh tertinggal. Kalo aku tidak salah mengingat, saat itu pukul 9 kurang seperempat, barulah terlihat pegawai BRI yang membagikan formulir (yang dulu kita kumpulkan saat mendaftar di jobfair). Para peserta seleksi pun memadati  koridor di depan ruang wawancara . Dengan muka yang sudah kusut karena kelamaan nunggu, aku dan teman-teman sekelasku sesama PPS-IT mencoba mengantri disitu (berkerumun tepatnya), untuk mengambil si formulir.  Dan ternyata, sodara-sodara, formulir PPS-IT ga ada di tumpukan situ. Aku dengan muka ditekuk pun minggir dari kerumunan yang nyaingin kerumunan ngantri sembako itu. Tanpa penjelasan yang jelas akan prosedur sebenarnya, kami mengambil kesimpulan bahwa formulir PPS-IT akan dipanggil belakangan.

Kami pun duduk menunggu di taman dekat ruang wawancara tsb, sementara para peserta PPS-umum yang belum mengambil formulir masih menumpuk di sana. Setelah sekitar 15 menit menunggu kerumunan itu bubar, kami mencoba menghampiri meja formulir tadi. Terlihatlah sebuah map bertuliskan PPS-IT tergeletak begitu saja di sana. Kami pun mengambil formulir kami masing-masing dan menanyakan prosedur selanjutnya.

Tebak apa selanjutnya? Kami harus mengantri bersama 200-an PPS-Umum untuk mengisi absen terlebih dahulu sebelum diwawancara. Okelah, pikirku dengan kesal akan ketidakteraturan pada saat itu. Kami pun mengantri dengan sabar meski dengan perut yang keroncongan karena belum sempat sarapan dengan benar. Tahu apa selanjutnya? Setelah kami hanya berjarak 3-orang di depan meja absen, absennya diambil (>.<)@. Mereka mengatakan antriannya sudah kebanyakan. Saat itu kira-kira pukul 10 kurang, dan tiba-tiba kami harus menunggu absennya dikeluarkan lagi dan setelah itu TERNYATA masih harus membuat sebuah antrian baru lagi untuk masuk ke ruangan (hanya untuk yang sudah tanda-tangan).

Di tengah kericuhan akan ketidakjelasan alur untuk masuk ke dalam ruangan, tiba-tiba seorang pria yang baru datang mendekati si petugas BRI, mengatakan bahwa dia PPS-IT dan harusnya tidak mengantri dengan PPS-Umum. Hebatnya, beberapa menit kemudian, si pria berkemeja biru yang tidak menghargai kami (yang juga PPS-IT dan sudah mengantri sejak tadi), melenggang masuk ke dalam ruangan untuk diwawancara. Kontan, emosiku naik saat itu. Aku pun menanyakan pada petugas kenapa pria itu mendapatkan perlakuan khusus, sementara kami juga PPS-IT tapi mengantri sedari tadi, dia hanya menjawab ” Mbak sudah mengantri disana kan, ya sudah disana saja.”. Saat itu juga aku ingin sekali mencekek si petugas itu.

Karena ketidakjelasan masih terus berlanjut, dan si pria itu bahkan sudah keluar bersama temannya yang juga PPS-IT, Aku pun tidak tahan lagi. Aku protes saat petugas menyebalkan itu keluar dari ruangan. Melihatku yang tidak sabaran, si petugas akhirnya mengatakan bahwa nanti aku dan teman-teman akan didahulukan juga. Selang beberapa saat, absen kemudian dikeluarkan dan sebuah saf antrian baru dibuat khusus untuk PPS-IT. Kombinasi wawancara diubah dengan 1 orang PPS-IT masuk bersama 4 orang PPS-Umum. Aku puas, meski masih sedikit jengkel.

Nah, disinilah aku mulai mengacaukan segalanya. My scumbag brain stoped working suddenly. -_-

Aku mendadak gugup ketika ditanyakan 2 pertanyaan yang ditanyakan pada semua kandidat:

1. Kontribusi apa yang bisa anda berikan pada BRI sesuai dengan bidang anda?

2. Apa yang anda ketahui tentang Bank?

Okay, I ruined it perfectly plus the bad mood I had earlier. ~_~. Aku menjawab dengan jawaban yang tidak cerdas dan kurang meyakinkan. Huft.

Senyum sang interviewer telah memberitahuku hasil wawancara yang berjalan kurang dari 10 menit itu, bahkan sebelum hasilnya diumumkan 2hari kemudian. Haha *tawa miris*.

But, not bad lah, setidaknya aku jadi tahu perusahaan sebesar BRI pun bisa kacau dalam koordinasi kegiatan di lapangan. Yaa, begitulah pengalaman pertamaku ikut seleksi PPS BRI saudara-saudara, semoga para pengincar BRI lainnya bisa mendapatkan hikmah dari pengalamanku.

N.b : Sekedar informasi untuk yang ngelamar PPS-IT BRI, dari 32 orang yang lulus seleksi berkas pada saat jobfair di IPB, yang lulus untuk tahap selanjutnya ¬†hanya 2 orang. So, it’s better be prepared guys! ^^

2 thoughts on “[JOB SEEKER] PPS IT BRI 2012

Leave a Reply

