[JOB SEEKER] PPS IT BRI 2014 – Wawancara Awal

[JOB SEEKER] PPS IT BRI 2014 – Wawancara Awal

Huahaha, ya kau tidak salah baca. Tahun ini aku kembali mencoba peruntunganku di seleksi yang telah menyisihkankanku dua tahun lalu!

Luckily, this is not first-try luck anymore! Hehe, ini akan jadi curhat yang lebih panjang, kenapa? Karena alhamdulilah, for the first time ever, I’ve tasted it until the last phase! Yeay!  :D

Jadi daripada galau menunggu hasil medical checkup yang tak kunjung keluar, aku memutuskan untuk menulis pengalamanku (baca:lagi), semoga berguna bagi yang sedang menjalani proses seleksi di akhir tahun ini.🙂

Masih seperti dua tahun lalu, tahapan-tahapan yang harus dilalui PPS IT tahun ini pun sama. Rangkaian pertama setelah seleksi administrasi tetap wawancara awal. Hanya saja, bedanya, kali ini aku bukan mendaftar via jobfair di kampus, tapi langsung melalui situs rekruitmen BRI. Sehingga proses wawancara awal tidak dilaksanakan di kampus, tapi di kantor pusat BRI di Sudirman, Jakarta.

Peserta yang lolos seleksi administrasi sekitar 60an orang, dibagi menjadi dua fase interview, pagi dan siang. Nah, lagi, aku mendapatkan jatah shift pagi. Diminta dateng jam 8 kurang 10. Karena aku harus menggunakan jasa kereta, aku memilih berangkat sangat pagi, untuk menghindari fenomena sarden. Aku tiba di stasiun sudirman sekitar jam 6, kemudian sarapan di sevel stasiun sambil menghabiskan waktu menjelang jam 8.

Kira-kira aku tiba di kantor pusat BRI pukul setengah 8, dan aku tidak melihat siapapun di lantai tempat wawancara seharusnya berlangsung. Aku berdiri seperti orang bego di depan lift sementara tidak ada satpam atau siapapun yang bisa kutanya. Untungnya, setelah beberapa saat salah tingkah, ada seorang pegawai yang baru tiba dan mempersilahkanku untuk menunggu di dalam saja.

Ternyata di dalam sudah ada seorang wanita peserta PPS IT juga yang bahkan katanya sudah tiba disini dari jam setengah 7. Haha, mengalahkan rekorku. Kami pun menunggu dan menunggu, diikuti peserta lainnya yang mulai berdatangan.

Pukul 8 lewat —SEPERTI BIASA SAUDARA-SAUDARA, JAM 8 BRI meaning JAM 8 LEWAT BANYAK—barulah ada staf HRD yang kemudian membagikan kami formulir riwayat hidup untuk diisi. Selesai mengisi, kami pun kembali menghitung menit-menit yang berlalu tanpa kepastian apa yang membuat kami harus menunggu. PERSIS dua tahun lalu. Untungnya, masih ada untungnya nih, kali ini aku datang dengan perut berisi dan disediakan tempat menunggu berAC. Tidak seperti dua tahun lalu, dimana para peserta menunggu di lorong-lorong kampus yang panas dan kelaparan tidak ada jajanan. Jadi kali ini, aku cukup bisa mengendalikan temperamenku, thanks to the AC. haha😛

Sekitar pukul setengah 10, proses wawancara pun akhirnya dimulai. Satu persatu peserta dipanggil ke dalam sebuah ruangan kecil yang berisi satu orang pewawancara. Berbeda dengan dua tahun lalu, kali ini aku harus menghadapi satu lawan satu (emangnya pertandingan) dengan interviewer.

Interviewer yang kuhadapi masih muda, dan untungnya tidak bermuka galak sehingga tidak membuatku sernerpes dulu. Nah, berbeda dengan pengalamanku yang sebelumnya juga, kali ini aku tidak diberikan dua pertanyaan monoton saja.

Wawancara kali ini lebih manusiawi karena interviewernya mengajakku mengobrol, bukannya membawakan suasana interogasi seperti yang dulu. Aku diminta bercerita singkat mengenai pribadiku dan keluarga. Kemudian karena aku sudah pernah bekerja, aku pun disuruh menceritakan rincian pekerjaanku sebelumnya.

Kurang lebih daftar pertanyaannya:

  1. Pribadi dan keluarga
  2. Pengalaman kerja dan projek apa saja yang pernah dikerjakan
  3. Skill IT apa saja yang dimiliki
  4. Kenapa memilih BRI
  5. Alasan keluar dari pekerjaan sebelumnya
  6. Nah, yang ini lucu, ditanya situs rekruitmen BRI itu dibikin pake bahasa apa, dan aku bisa bikin atau ga. Berhubung aku ga perhatian, dan btw backend web itu ga keliatan kan, aku asal jawab aja C# dan insya Allah bisa, jawabku. hihi

Wawancaranya berlangsung kurang lebih hanya 5 menit. Benar-benar penantian yang panjang untuk 5 menit yang singkat. Tapi kudengar dari peserta yang gilirannya setelah aku, mekanisme wawancaranya diganti. Mereka diwawancara oleh interviewer yang lebih senior dan dilaksanakan sekaligus per tiga-tiga orang. Sepertinya akibat keterlambatan mereka, jadi untuk mempersingkat waktu, wawancaranya jadi gelondongan begitu.

Selesai wawancara, aku pulang dengan ketidakpercayaan diri karena durasi wawancaraku yang lebih singkat dibanding peserta-peserta sebelumnya. Tapi alhamdulilah, sorenya, aku mendapatkan sms pemberitahuan lulus tahap ini dari BRI.

Allah memutuskanku untuk lanjut ke tahap selanjutnya (yang fyi, dilaksanakan langsung besok paginya) bersama 30an orang lainnya.🙂

Wuih, jadi long post, hehe. Nanti aku lanjutkan ceritanya ya. Post kali ini sampai disini dulu!

2 thoughts on “[JOB SEEKER] PPS IT BRI 2014 – Wawancara Awal

Leave a Reply

