[JOB SEEKER] Support Consultant PT. Berca Hardayaperkasa

[JOB SEEKER] Support Consultant PT. Berca Hardayaperkasa

First Job Interview after a while.

Yep, I’ve started my job hunting again.  Too bad, this company was the only who’s called me until today.😦

It’s okay, masih ada waktu untuk terus berjalan dan pelan-pelan menemukan tempatku seharusnya berada.

Lowongan ini kutemukan di Jobstreet, dan berhubung ini satu-satunya perusahaan yang tertarik pada lamaranku, aku tetap follow up meskipun harus jauh-jauh menempuh perjalanan ke Tanah Abang sana untuk sekedar interview. Job desc yang tidak menyiratkan bahwa support consultant ini adalah lowongan teknikal yang mengharuskan koding adalah hal lain yang mendorongku untuk mengikuti rangkaian seleksinya.

Dua minggu sudah berlalu dari interview dan tes yang berlangsung hampir satu hari penuh di Gedung Berca itu. Belum ada kabar apapun, jadi aku memutuskan untuk berbagi pengalaman saja.

Interviewku dijadwalkan pada hari senin jam 9 pagi. Mengantisipasi macet dan kendala lainnya, aku berangkat setelah shubuh menggunakan commuter line. Siapa sangka, bahkan setelah berleha-leha sarapan di stasiun tanah abang, ternyata aku tetap datang kepagian. Pukul setengah delapan, aku sudah di depan gedung Berca. Melongok sendirian di loby yang masih dibersihkan dengan resepsionis yang bahkan belum tiba.

Merasa menganggu para cleaning service, aku memutuskan untuk nongkrong di resto area pom bensin yang tidak jauh dari sana. Resto yang pengunjung satu-satunya adalah aku. Haha. Jadilah aku disana duduk sendiri berkontemplasi dengan pikiran pagiku yang masih kusut sambil menunggu jarum jam mendekati angka 9.

Mendekati pukul 9 aku mulai beranjak menuju Berca kembali. Ketika tiba di resepsionis, loby yang tadinya kosong melompong, telah terisi penuh oleh para peserta seleksi. Tidak semua dari mereka melamar untuk posisi Support Consultant, sebagian besar melamar untuk posisi Account Manager. Peserta yang baru datang diminta mengisi daftar hadir dan menunggu untuk dipanggil ke lantai atas.

Tiba giliranku, bersama sekitar 10 orang lainnya, kami naik ke lantai 4 untuk menemui staf HRD yang mengundang kami. Diarahkan menuju sebuah ruangan kecil di pojokan, kami semua mengambil posisi di bangku-bangku yang telah disediakan. Ada 3 tahapan tes untuk posisi Support Consultant yang akan dilakukan dalam satu hari itu. Tahap pertama berupa psikotes, tahap kedua tes teknikal dan logika, terakhir interview user.

Psikotes nya sendiri terdiri dari beberapa bagian yang hampir sama seperti psikotes lainnya. Tes preferensi, Intelegensia, dan ditutup wartegg. Khusus Support Consultant, dilanjutkan dengan tes teknikal dan logika, sementara peserta selain itu dipersilahkan meninggalkan ruangan.

Tes logikanya sendiri berisi pertanyaan matematika dasar seperti soal menghitung lama hari pengerjaan sebuah rumah dengan sekian jumlah tukang (as always). Untuk tes teknikalnya didominasi tes algoritma dan kueri database. Tes teknikal ini esensial karena ternyata lowongan ini akan diperuntukkan sebagai konsultan sistem PeopleSoft yang menuntut pemahaman kompleks akan manipulasi data.

Satu hal yang aku salah pahami disini adalah, konteks dari “Support” itu sendiri. Ternyata oh ternyata, yang dimaksud sebagai Support Consultant itu adalah konsultan yang bekerja sebagai troubleshooter di periode support penjualan aplikasi. Troubleshooting ini melibatkan pekerjaan fungsional dan teknikal. Di sinilah  aku salah paham. Kupikir pekerjaan ini lebih mengarah pada pekerjaan fungsional, ternyata malah dua-duanya.

Hal ini baru kusadari pada saat interview dengan team leader support consultantnya. Beliau menjelaskan, bahwa Berca mencari tenaga yang berpengalaman sebagai problem solver dengan kemampuan intelegensia yang tinggi. Zonk bener memang, aku tertipu ekspektasiku sendiri. Aku pun menjelaskan pada beliau bahwa aku mencari pekerjaan non-coding dan garda depan, bukan yang berada di belakang pada saat periode support. Beliau terlihat kecewa (geer) dan mengatakan akan menanyakan bagian fungsional apakah ada lowongan.😀

Aku gagal paham dengan titel Support Consultant itu sendiri, haha. Ya sudahlah, mungkin memang bukan jodoh di Berca.🙂

Semoga panggilan lain segera datang, aamiin.

One thought on “[JOB SEEKER] Support Consultant PT. Berca Hardayaperkasa

Leave a Reply

