Ketika Kata Menjadi Duit

Ketika Kata Menjadi Duit

Berbulan-bulan berlalu sejak deklarasi pertamaku untuk mencari pekerjaan lain, tapi malang, belum ada panggilan lagi sejak Berca kemarin. Duh yak, apa aku memang harus membusuk di kubikel sempit ini.😐

Sambil menunggu CV-ku laku di suatu tempat di luar sana, entah ada angin darimana–dan entah bagaimana urutannya aku juga lupa–aku terdampar di suatu website bernama Kontenesia. Kontenesia merupakan penyedia jasa penulis artikel SEO freelance. Iseng dan dikarenakan kejenuhanku memelototi barisan syntax c#, aku mendaftarkan namaku sebagai penulis disana.

Foila! Sekitar seminggu kemudian, lamaran yang kukirimkan direspon oleh editornya. Isi emailnya menyatakan, aku lulus seleksi, namun harus menulis artikel untuk seleksi kedua. Seleksi kedua tersebut diadakan karena terlalu banyak pelamar. Waw, aku sangat excited ketika membaca email tersebut. Dengan semangat 45 aku segera menulis dan mengirimkan artikel yang diminta.

Lucky me, pemberitahuan selanjutnya adalah pemberitahuan untuk bergabung dalam keluarga besar Kontenesia! Resmi sebagai freelancer disana, meski belum resmi menerima penghasilannya, hehe.

Aku menyukai kegiatan menulis semenjak aku bisa mengingat, tapi tidak pernah terpikir untuk menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Kata dan kalimat yang kubuat hanyalah media pelampiasan kekusutan kepalaku, makanya tidak pernah sekalipun serius kujadikan magnet duit. So, diterima di Kontenesia menjadi tantangan baru buatku. Bukan soal berapa duit harga kata yang kutulis, tapi soal ketika tulisanku dipastikan ada yang membacanya, jadi aku tidak boleh menulis sembarangan lagi. EYD ri, EYD!

Bergabung dengan Kontenesia juga memberikanku wawasan baru tentang bagaimana cara kerja para penulis freelance dan copy writer. Tidak hanya menulis ngalor-ngidul seperti yang kulakukan di blog ini, mereka menulis sesuatu dengan tema dan keyword yang telah ditentukan. Tujuannya untuk meningkatkan pengunjung tentu saja, ga kayak blog ini yang SEO-nya hancur-hancuran. Haha (“_”) mungkin aku harus mulai menulis artikel SEO-friendly untuk blogku sendiri.

Buat kamu yang suka menulis, dan punya banyak waktu luang–atau yang bisa diluang-luangkan sepertiku–mampir deh. Coba saja iseng mengirimkan salah satu artikel lama yang pernah kau tulis, siapa tahu berjodoh dengan editornya. :-p

Perjuanganku untuk menjadi penulis berkualitas masih panjang,Β  tapi jika memang ini jalanku, mungkin selanjutnya bukan JOB SEEKER post lagi, tapi NEW BOOK post. Yihaa, mimpi kejaoooohaaan…Aaamiin dulu aja dah.πŸ™‚

Leave a Reply

