dr. THT dan Kotoran Telinga

dr. THT dan Kotoran Telinga

Postingan pertama di tahun ini mengenai kotoran telinga! haha.

Ini adalah cerita mengenai seorang sahabat yang punya masalah berat dengan kotoran telinganya. Ew? Jangan jijik dulu, tahukah kamu bahwa setiap orang punya tipe kotoran telinga yang berbeda sehingga butuh penanganan berbeda pula? Ada yang bertipe kering, dan ada pula yang bertipe basah.

Kukutip dari KlikDokter:

Kotoran telinga atau dalam bahasa medis disebut serumen, terbentuk dari sekresi kelenjar minyak dan pengelupasan sel epitel liang telinga luar. Serumen menangkap debu dan kotoran sebelum mencapai gendang telinga. Serumen juga melindungi liang telinga luar karena sifatnya yang tidak menyerap air. Serumen yang lama perlahan terdorong keluar oleh pembentukan serumen baru kemudian mengering dan jatuh

Nah, masalahnya pada sahabatku ini, kotoran telinga yang dia miliki bertipe kering dan entah bagaimana tidak bisa terdorong keluar sehingga hanya menumpuk di dalam. Penumpukannya ini membuat pendengaran jadi terganggu disertai rasa yang tidak nyaman pula. Karena tidak bisa ditangani sendiri, jadinya dia terpaksa harus ke dr.THT.

Berkaca pada pengalamanku dengan dr. Asno yang tidak terlalu memuaskan, walau masih memilih RS Hermina Depok pun, dia memilih dokter yang lain, dr. Bernhard. Setelah diteropong sang dokter, tindakan penyedotan pun dilakukan. Bisa tebak hasilnya? Kotoran telinga sebesar ruas jari kelingking pun keluar. Haha, super! Sang dr. THT bahkan sampai menawarkan apa ingin dibawa pulang. Wkwk ;D

IMG-20160108-WA0001
Biaya dr.THT RS Hermina Depok 2016

Perkara kotoran telinga ini membuatnya membayar harga yang lumayan, 300an! (O.O)>. Dilihat dari bonnya, ada peningkatan biaya konsultasi dokter THT di Hermina sebesar 10rb, menjadi 174,000. Endoskopinya juga naik sepertinya, tapi aku lupa tahun lalu aku dikenakan berapa. Seperti biasa, tahun baru, harga baru. Kesehatan itu mahal saudara-saudara!

O ya, buat kamu yang punya kotoran telinga tipe kering seperti ini, supaya tidak terjadi penumpukan yang mengharuskan kamu ke dr. THT, dokter Benhard menyarankan untuk rutin membersihkan telinga dengan memasukkan air dan mengeluarkannya kembali. Kalau yang tipe basah biasanya mudah dijangkau dengan cotton bud.

Punya cerita lain soal dr. THT dan kotoran telinga? Silahkan bagi ceritamu di kolom komentar yak! (>._.^)

4 thoughts on “dr. THT dan Kotoran Telinga

  1. Wah ternyata ada yg senasib sama saya hehe. Saya juga sering begitu bahkan sedihnya dulu hampir satu bulan sekali ke dokter THT cmn buat bersihin kotoran huhu. Rata2 biaya dokter THT di depok 300an yaa. Di rs bunda dan mitra keluarga juga segitu. Kalau sahabat kakak tau dokter tht yg lebih murah di depok, update blognya ya kak wkwk

    Nice sharing kak🙂

    1. Kalo biaya dokternya doank sih ga nyampe 300, biaya tindakan ama obatnya itu tuh yang bikin nangis,

      terima kasih sudah mampir Virda.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s